Rabu, 30 Agustus 2017

Kuliah di Hongaria dengan Beasiswa Stipendium Hungaricum



Hongaria, sebuah negara yang ketika aku menyebutnya, mayoritas akan bertanya-tanya dimana itu. Setiap kali aku menyebut akan kuliah di Hongaria, setiap itu pula lah aku harus menjelaskan lokasinya yang berada di jantung eropa. Hongaria memang tidaklah sepopuler Jerman, Inggris, Australia, ataupun Jepang dalam hal destinasi studi di kalangan orang asia tenggara, terlebih Indonesia. Tapi bukan berarti kita tidak bisa studi disana. Sejak 2013 Pemerintah Hongaria melalui Tempus Public Foundation memberikan beasiswa studi bagi mahasiswa  internasional baik untuk jenjang S1, S2, ataupun S3. Sekitar 47 negara partner yang bekerjasama dalam program ini (disebut sending partner), termasuk Indonesia. Kuota untuk Indonesia juga bertambah setiap tahunnya, hingga para tahun 2017, Indonesia mendapatkan kuota 50 awardee.

Sebelum apply beasiswa, maka wajib untuk membaca detail beasiswanya, baik itu tentang cakupan beasiswa, syarat dan kriteria beasiswa, dokumen persyaratan, dan prosedur apply yang biasanya ada pada buku panduan atau website dari pemberi beasiswa. Untuk informasi tentang beasiswa Stipendium Hungaricum ini bisa diliat pada http://www.tka.hu/international-programmes/2966/stipendium-hungaricum/ . Khusus untuk Indonesia program yang tersedia adalah jenjang master dan postdoctoral. List program studi yang tersedia tahun 2017 bisa didownload disini.

Rincian Beasiswa Stipendium Hungaricum yaitu :
  • 1.       Biaya kuliah penuh
  • 2.       Tunjangan bulanan (Master HUF 40.460 per bulan dan Doctoral HUF 100.000 per bulan)
  • 3.       Asrama atau tunjangan akomodasi senilai HUF 40.000.
  • 4.       Biaya terkait kesehatan penerima beasiswa.


Timeline Proses/Tahapan Aplikasi:
Proses dari awal apply hingga keberangkatan biasanya berlangsung selama 6 bulan. Di tahun 2017, pendaftaran dan submit dokumen dibuka pada bulan Maret, semuanya dilakukan secara online. Tahapan seleksi ada 2, yaitu

1. NOMINASI. Aplikasi yang dikirimkan akan diseleksi oleh sending partner (untuk Indonesia, sending partnernya adalah Dirjen Pendidikan Tinggi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Aplikasi terpilih akan dinominasikan untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

2. PENDAFTARAN DAN SELEKSI KAMPUS. Pihak kampus akan menginformasikan kepada applicant tentang prosedur seleksi dan step-step apa yang harus kita lakukan. Tiap kampus, tiap fakultas, dan tiap jurusan memiliki prosedur yang berbeda-beda, ada yang harus melalui tes tertulis atau tes lisan, atau keduanya, atau bahkan review aplikasi saja (Sebagai informasi, tentang tes masuknya tercantum di  list host institution yang bisa didownload di website http://www.tka.hu/international-programmes/7131/call-for-applications ). Proses ini berlangsung dari bulan April hingga Juni.

(Baca : Pengalaman Tes Masuk untuk Beasiswa Stipendium Hungaricum (ELTE, BME, UNIDEB))

Hasil seleksi biasanya akan diumumkan sejak akhir juni hingga agustus (bagi yang masuk reserved list). Setelah dinyatakan lulus, selanjutnya adalah aplikasi visa untuk keberangkatan. Umumnya perkuliahan akan dimulai di bulan September, tapi bisa jadi juga dimulai sebelum atau setelahnya.


(Baca : Proses Aplikasi Stipendium Hungaricum)

3 komentar:

  1. assalamualaikum wr.wb. kaka punten, saya berniat utuk appply hungaricum scholarship tahun ini. nah untuk menjadi nominasi dari pihak pemerintah indo bagaimana ya ka prosedurnya. terimakasih. mohon bantuannya ka.

    BalasHapus
  2. kaka mohon maaf, punten ini nomer wa saya 089608931716 atau email rurisuriatinarum@gmail.com
    saya ingin bertanya tentang nominasi dari pemerintah untuk apply hungaricum scholarship. terimakasih. mohon bantuannya ka.

    BalasHapus